Update 1 Windows 8.1 Final April 2014

Seperti yang saya janjikan beberapa bulan lalu, jika ada Update Windows 8.1 akan saya bagikan. Ya, kali ini Microsoft mengeluarkan update pada 16 April 2014. Dan dinamakan Windows 8.1 Update 1 Final. Bagi yang sudah update Windows 8.1 nya pada Februari lalu mungkin tidak akan menemui perubahan User Interface yang banyak, karena pada update sekarang ini lebih mengutamakan penyempurnaan versi sebelumnya. Mari kita simak update apa saja yang ada pada Windows 8.1 Update 1 Final.

Seperti yang ditulis di Windows Experience Blog, Microsoft mendesain Windows 8.1 Update supaya nyaman dipakai pengguna PC Desktop dan Laptop dengan menyempurnakan penggunaan keyboard dan mouse/touchpad. Hal itu dikarenakan metode layar sentuh bukanlah metode utama kedua perangkat tersebut untuk menavigasi User Interface nya.


  • OS bisa mengenali perangkat apa yang digunakan. Jika PC Desktop / Laptop yang teredeteksi, sistem akan langsung masuk ke desktop setelah booting. Dan sebaliknya, jika anda menggunakan PC Tablet, yang langsung ditampilkan oleh sistem adalah Start Screen Metro. Pengaturan fitur ini bisa dirubah oleh user sendiri.
  • Anda sekarang juga bisa melakukan booting dan resume langsung ke desktop. Artinya, setelah PC atau laptop dalam kondisi off atau standby, anda bisa menyalakannya dan langsung masuk ke Desktop anda, alih-alih Metro UI.
  • Aplikasi Windows Store sekarang bisa anda pin ke taskbar Desktop. Microsoft mendesainnya agar pengguna Windows 8.1 bisa mengakses aplikasi secara cepat. Aplikasi yang baru terinstall akan langsung ter-pin ke taskbar, anda bisa menghapusnya jika tidak menginginkannya.
  • Selain pin taskbar, Microsoft memberikan tombol fungsi Close & Minimize di bagian atas aplikasi Windows Store. Jadi jika anda ingin menutup aplikasi, tidak harus bolak balik membuka Desktop dan Metro UI. Cukup tekan tombol close.
  • Control Media (Play/Pause/Stop) dengan menyorot aplikasi yang sedang berjalan tapi di minimize juga bisa dilakukan. Fitur ini dimiliki oleh aplikasi multimedia seperti pemutar video dan pemutar musik.
  • Yang tak kalah penting, sekarang tombol Power dan Search Bar sudah muncul permanen disebelah User pada Start Screen. Hal itu bertujuan agar anda dan para pengguna lainnya bisa lebih cepat jika ingin mengakses Power Menu dan Search Bar.

Setelah anda membaca beberapa penjelasan saya diatas, mari kita lihat penjelasan singkat dibawah ini beserta gambarnya.

  • # POWER BUTTON & SEARCH BUTTON
    Dengan penjelasan tadi, saya rasa anda hanya butuh melihat screenshot nya sekarang.

    Update 1 Windows 8.1 Final April 2014

  • # RIGHT-CLICK TO SEE OPTION
    Jika anda menggunakan mouse dan melakukan klik kanan disalah satu aplikasi pada Start Screen anda, akan melihat option untuk apa yang bisa dilakukan pada aplikasi itu.

    Update 1 Windows 8.1 Final April 2014

  • # NOTIFICATION IN START SCREEN
    Tombol pada gambar dibawah ini adalah tombol all program, namun jika ada aplikasi baru yang terinstall di PC / Laptop anda, akan ada notifikasi atau pemberitahuan.

    Update 1 Windows 8.1 Final April 2014

  • # PIN TASKBAR WINDOWS STORE APPS
    Pin Taskbar aplikasi Windows Store bisa anda temukan di Windows 8.1 Update 1 kali ini.

    Update 1 Windows 8.1 Final April 2014

  • # NEW METRO USER INTERFACE
    Update 1 Windows 8.1 Final April 2014

Itulah beberapa update yang ada pada Windows 8.1 Update 1 Final. Sekarang saya akan membahas cara install update dengan standalone offline installer.


How to Update

  1. Pastikan anda sudah mengunduh semua file yang dibutuhkan. Pilih sesuai OS anda, 32bit atau 64bit.
  2. Extract filenya dari WinRar.
  3. Install satu persatu, install dari yang ukurannya terkecil. Beginilah urutan update saya, OS: 64bit.
    Windows8.1-KB2937592-x64 --> Windows8.1-KB2959977-x64 --> Windows8.1-KB2938439-x64 --> Windows8.1-KB2932046-x64 --> Windows8.1-KB2934018-x64 --> Windows8.1-KB2919355-x64
  4. Jika selesai install salah satu update lalu anda disuruh reboot PC / Laptop anda, lakukanlah.
  5. Perlu diperhatikan jika pada update yang terakhir yaitu yang mempunyai ukuran file paling besar akan memakan waktu yang cukup lama, bisa sampai 1 jam.
  6. Setelah semua selesai, anda akan disuruh reboot PC / Laptop anda sekali lagi.

    Update 1 Windows 8.1 Final April 2014

  7. Done
Support semua produk Windows 8.1


Download Link

Update 1 Windows 8.1 Final April Edition x86 / 32 bit

Update 1 Windows 8.1 Final April Edition x64 / 64 bit


#Untuk anda yang mengalami error saat install update, download file dibawah ini.

0 komentar